• Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Daftar
  • Lupa Kata Sandi
Ingin liburan?
Ayo jelajahi kekayaan pariwisata Indonesia, mulai dari kedalaman laut hingga puncak gunung

Propinsi


Kodya / Kabupaten

Jenis Wisata


Kata Kunci

























Jumlah Anggota Adira FOI
21208
Beranda > Artikel > Taka Bonerate, Taman Laut Dengan Atoll Karang Terbesar Ketiga Di Dunia
Taka Bonerate, Taman Laut Dengan Atoll Karang Terbesar Ketiga Di Dunia
Jumat, 09/12/2011 21:14:00 | Sulawesi Selatan | Wisata Bahari

Oleh:
HAMKA RASUFIT S.

Walker
Beri nilai:

Taka Bonerate adalah Taman Nasional perairan yang terletak disisi selatan semenanjung Sulawesi atau laut Flores dengan luas kawasan 530.765 Ha. Taman nasional ini ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan yang merupakan karang atol terbesar ketiga di dunia dengan luasan mencapai 220.000 Ha setelah Atol Kwajifein di Kepulauan Marshall dan atol Suvadiva di Maldives. Taman Nasional Taka Bonerate juga memiliki keanekaragaman biota laut dan merupakan habitat bagi berbagai spesies satwa laut yang langka dan dilindungi.


Taka Bonerate dulunya disebut Atol Harimau atau Tiger Islands sedangkan orang galessong (nelayan Takalar) menyebutnya Karang Emas. Arti dari  kata Taka Bonerate itu sendiri adalah hamparan karang di atas pasir. Penduduk umumnya ber-etnis Bugis dan Bajo serta terdapat kelompok kecil yang berasal dari Selayar, Makassar, Flores dan Buton.


Secara administratif Taman Nasional Taka Bonerate merupakan bagian wilayah Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Propinsi Sulawesi Selatan. Kawasan ini terdiri dari pulau dan laguna- laguna, umumnya terbentuk dari endapan pasir dan bioerosi (pecahan terumbu karang dan kerang-kerangan) yang sudah mengalami pembulatan, pelapukan sehingga terbentuk tanah-tanah muda. Kawasan ini selain terdiri atas puluhan taka dan bungin juga termasuk  21 buah pulau.


Di kawasan konservasi ini ditemui 3 (tiga) kategori terumbu karang, yaitu terumbu karang penghalang (barrier reef), terumbu karang tepi (fringing reef) dan atol. Atol Taka Bonerate merupakan atol terbesar di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara.  Keanekaragaman jenis biota penyusun ketiga kategori terumbu karang tersebut cukup tinggi, dan hal yang menarik pada ekosistem terumbu karang di taman nasional ini adalah keberadaan beberapa lokasi spot dive yang sangat terjal (drop off).


Salah satu destinasi wisata yang amat populer di Taman Nasional Taka Bonerate adalah Pulau Tinabo. Nama pulau ini tidak bisa dipisahkan dan sangat melekat dengan kawasan taman Nasional Taka Bonerate karena pulau inilah pusat pariwisata bahari Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau Tinabo memiliki substrat pasir pantai berwarna putih, dengan topografi daratan yang landai antara 0 – 2 meter, dan vegetasi darat dominan adalah pohon kelapa, sentigi, ketapang, rumput-rumputan  dan perdu-perduan. 


Keindahan keanekaragaman bawah lautnya dan keindahan alamnya yang memukau, serta  lokasinya yang  jauh dari hiruk pikuk bisingnya kota, menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke pulau ini.  Aktivitas utama yang dapat dilakukan pengunjung adalah diving, snorkeling dan canoing.  Selain itu, para pengunjung dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset di pantai yang berpasir putih atau sekedar berjemur sambil memandang indahnya panorama alam sekitar.


Fasilitas pengunjung yang tersedia cukup memadai. Di pulau ini disediakan fasilitas penginapan yang memadai dan terdapat Dive Center yang cukup lengkap dan fasilitas lainnya yang mendukung aktivitas wisata bahari.


Trip dan Tips


Makassar ke Taka Bonerate (Kep.Selayar).


Perjalanan dapat ditempuh melalui tiga jalur alternatif, yaitu :

 

  • Menggunakan Bus Umum

Bus reguler tersedia di terminal Malengkeri (Makassar)  menuju Benteng (Selayar), berangkat pukul 07.00-08.00 WITA ke pelabuhan Bira (Bulukumba) dengan tiket Rp. 100.000,-/Orang untuk bus ber AC, dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam termasuk istirahat (makan siang) dan sebaliknya. Dari pelabuhan Bira perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan Ferry selama 2 jam ke Pelabuhan Pamatata (Selayar) kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Kota Benteng dengan kisaran waktu 1 – 1,5 jam. Menuju pulau Tinabo dapat dilakukan dengan menggunakan Jolloro (Kapal Laut kayu) dengan kisaran waktu 7 - 8 jam dari Pelabuhan Benteng atau 4-5 jam dari pelabuhan Pattumbukan. Namun bisa ditempuh sekitar 5 jam ke Tinabo dengan menggunakan kapal speed namun costnya mahal.

 

  • Menggunakan Fiber (Kapal Cepat)

Setiba di terminal Melengkeri (Makassar) kemudian mencari mobil penumpang yang jurusan Kabupaten Bulukumba yang siap mengantar ke pelabuhan Lappee dimana kapal fiber tersedia dan biasanya kapal fiber berangkat menuju Pelabuhan Benteng-Selayar pukul 15.30 Wita dan ditempuh 2 jam perjalanan, kemudian dilanjutkan perjalanan ke Tinabo esoknya.

 

  • Menggunakan Pesawat Udara

Dari Bandara Hasanuddin (Makassar) menuju Bandara H.Aroepala Selayar dengan jadwal penerbangan setiap hari Selasa 07.00 Wita dan Jum’at 14.00 Wita dengan harga tiket Rp 230,000,- dengan lama perjalanan 45 menit hingga 1 jam namun jadwal bisa berubah-rubah karena kondisi cuaca. Apabila akan ke Pulau Tinabo, perjalanan dilanjutkan munggunakan Jolloro (Kapal Laut kayu) dengan kisaran waktu 7 - 8 jam dari Pelabuhan Benteng atau 4-5 jam dari pelabuhan Pattumbukan.


Memang perjalanan kesana cukup melelahkan dan memakan banyak waktu namun dengan melihat dan menikmati keindahan pulau Tinabo akan terbayarkan semua kelelahan.

Catatan.


Kunjungan yang disarankan bulan Mei sampai Oktober, karena pada bulan-bulan ini angin cukup tenang.


Label: Taka Bonerate , Dive , Taman Nasional , Bawah Laut



1 Komentar

greg   06 June 2013 09:59:42
keren bro photo2 bawah lautnya
Balas  Laporkan 
User name  : 
Password  : 

Artikel Menarik Lainnya

Kantor Cabang Adira Finance

1. Bone
    Jl. Ahmad Yani No 76
    Telp : 0481-23335
    Fax  : 0481-23957

 

2. Makassar
    Jl. Pangayoman No. FG 2 - 3
    Telp : 0411-831054
    Fax  : 0411-831050

 

3. Makassar
    Jl. Lanto Daeng Pasewang No. 18
    Telp : 0411 - 831054

 

4. Palopo
    Jl. Dr Ratulangi (Dpn Central Yamaha Palopo)
    Telp : 0471-3311488
    Fax  : 0471-21311

 

5. Pare-Pare
    Jl. Veteran (Depan SMKK Pare-Pare)
    Telp : 0421-25555
    Fax  : 0421-27777

 

6. Sengkang Wajo
    Jl. A. Panggaru No. 16
    Telp : 0485-22663
    Fax  : 0485-22661