Ingin liburan?
Ayo jelajahi kekayaan pariwisata Indonesia, mulai dari kedalaman laut hingga puncak gunung

Propinsi


Kodya / Kabupaten

Jenis Wisata


Kata Kunci

























Jumlah Anggota Adira FOI
22055
Beranda > Artikel > Bebek Sinjay Yang Fenomenal
Bebek Sinjay Yang Fenomenal
Kamis, 08/12/2011 18:24:00 | Jawa Timur | Wisata Budaya

Oleh:
Andreas Dwi Setiawan

Explorer
Beri nilai:

Olahan bebek yang terkenal itu dari daerah Surabaya atau Madura ya?! Gak penting lah darimana, yang penting saya pernah mencoba makan bebek goreng yang maknyus, bukan di Surabaya, tapi di Bangkalan Madura. Namanya “WARUNG BEBEK SINJAY”, lokasi tepatnya di Jl. Raya Ketengan No. 45 Burneh, Bangkalan. Kalau Anda dari arah Jembatan Suramadu, lurrrrruuuuuss saja sampai nemu pertigaan, kemudian pilih arah ke kiri. Di sepanjang jalan banyak dijumpai restoran yang menawarkan olahan bebek sebagai menu andalan. Terus saja, sekitar 2 km dari pertigaan, di sebelah kanan bisa dilihat restoran yang beda karena paling rame daripada yang lain. Di depannya juga terpampang nama “Warung Bebek Sinjay” yang berukuran besar. Jadi pasti mudah dilihat dan dibaca…

 

Meski namanya warung, tapi bangunannya besar dan luas, memungkinkan untuk diisi 100 orang lebih sepertinya. Saya nyampe disini sekitar jam 13.30 WIB. Panas-panas setelah pejalanan dari Sumenep, parkir motor dan melihat tulisan “MASIH ADA” di sebuah potongan kardus yang tergantung di parkiran. Legaaaaa… Karena saya dapat info dari temen yang sudah pernah kesini kalau bebek disini cepet ludes diserbu pembeli. Dan benar saja, setelah naruh helm di spion, saya nengok ke dalam. Wooooooooooo, antrian pengunjung sudah mengular di depan kasir. Seperti orang lagi ngantri pembagian iPhone gratis!! ckakaka… Bener-bener panjang! Baru kali ini saya melihat orang mau makan, harus ngantri dulu segitu panjangnya. Buseeet, ajian apa yang dipake sama pemilik ya?! Sampe bisa mendatangkan pengunjung segitu banyaknya, hahaha… Semakin penasaran donk, bebek seperti apa sih yang digandrungi orang-rang ini. Pembagian tugaspun dilakukan secara kilat, Aaron bagian ngantri, saya dan Hari bagian nyari tempat duduk dan telpon kesana kemari tanya pesanan temen-temen di kampung. Meskipun meja dan tempat duduk ada begitu banyak, tapi saya masih “agak” kesulitan menemukan meja yang bener-bener kosong. Beruntunglah ada satu meja yang baru saja ditinggal berdiri pengunjung lain, langsung saja kita “amankan”, hehehe…

 

Cukup lama Aaron berdiri ngantre memesan makanan ini, mungkin sekitar 20 menitan. Karena saking ramenya, pengunjung diberi nomer antrean. Jadi sistemnya begini : setelah memesan, bayar, dikasih nomer, duduk dan pesanan kita diantar sesuai dengan nomer. Berhubung ada titipan temen, jadi Aaron mendapat dua nomer antrean sodara-sodara. Yang satu untuk makan di tempat dan yang satu (lagi-lagi) untuk mengantri mengambil pesanan. Yak, dua kali antre ceritanya!! Bener-bener perjuangan untuk menikmati kelezatan bebek ini. Huft…

 

Setelah duduk manis, ada pelayan yang mendatangi meja kita. TAAARRRRAAAA….!!! Bebek yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Hemm, langsung ngiler saya pas melihat apa yang tersaji di depan mata. Sepotong bebek bagian dada yang digoreng, ditaburi kremesan dan sambel pencit. Sluurrpp, mantab nih kelihatannya. Apalagi siang-siang yang panasnya menyengat seperti di Madura ini memang pas makan yang seger-seger. Saya comot lah sedikit dagingnya, empuk. Begitu masuk ke mulut, hemmm… rempah-rempahnya kerasa dengan rasa ketumbar yang dominan. Gurih banget! Kremesnya sendiri sepertinya dicampur dengan sedikit cabe, jadi ada rasa clekit-clekit di lidah, tapi gak terlalu kok. Cuma sebagai penyedap. Sambel pencitnya?! Gak terlalu pedas menurut saya dan seger pastinya, sayang kurang banyak. Begitu saya coba makan bebek, sambel pencit dan nasi sekaligus, ajibbb…! Gurihnya bebek, crunchy-nya kremes dan asemnya mangga muda berbaur menjadi satu, menimbulkan rasa yang gimanaaa gitu di dalam mulut, hehehe… Gak rugilah menunggu lama. Apa yang temen saya katakan sebelumnya bener-bener terbukti, bebek ini enak menurut saya… 

 

Jadi buat Anda yang sedang berkunjung ke Surabaya, cobalah nyebrang ke Madura untuk mencoba gimana serunya makan bebek disini, sekalian cuci mata pas lewat Jembatan Suramadu, hehehe… Ingat, restoran ini buka mulai jam 07.00 WIB dan tutup tidak tentu. Sesuai dengan persediaan bebek yang ada. Kata mbak penjual, sehari biasanya sampai beberapa kali memroses bebek, saya yang datang di jam 13.30 WIB sudah proses ketiga. Jangan sampai Anda jauh-jauh datang penasaran, eh, nyampe di lokasi bernasib sama seperti beberapa pengunjung yang saya temui, hanya bisa gigit jari dan berjalan gontai meninggalkan restoran…


Label: Jawa Timur , Madura , Bangkalan , Kuliner , Bebek



0 Komentar

Tidak ada komentar.




User name  : 
Password  : 

Artikel Menarik Lainnya

Kantor Cabang Adira Finance

1. Pamekasan
    Jl. Pintu Gerbang No. 21, RT 02 / RW 03
    Telp : 0324-325383
    Fax  : 0324-325861

 

2. Surabaya
    Jl. Kombes Pol. M. Duryat No. 14-16 Blok B-5
    Telp : 031-5318640
    Fax  : 031-5318658

 

3. Gresik
    Ruko Building Kartini
    Jl.  R.A. Kartini No. 236/4, RT. RW.
    Telp : 031 - 3987726 (Hunting)
    Fax  : 031 - 3987750

 

4. Tuban
    Jl. Lukman Hakim No. 43 Tuban RT 03/RW 04
    Telp : 0356-333066
    Fax  : 0356-332442

 

5. Bojonegoro
    JL. R.A. Kartini No. 20
    Telp : 0353-892870
    Fax  : 0353-893206

 

6. Mojokerto
    Jl. Yos Sudarso no. 29-35, Mojokerto
    Telp : 0321-325509
    Fax  : 0321-325842

 

7. Jember
    Jl. Diponegoro 40-41 Jember
    Telp : 0331-424666
    Fax  : 0331-410421

 

8. Lumajang
    Jl. Wahid Hasyim 80 Lumajang
    Telp : 0334-891562
    Fax  : 0334-893311

 

9. Banyuwangi
    Jl. S. Parman No. 33
    Komp. Perkantoran Gardenia Estate Kav. 5,6,7
    Telp : 0333-411589
    Fax  : 0333-411590

 

10. Kediri
       Jl. Erlangga 39 RT 02 RW 10
       Telp : 0354-690533
       Fax  : 0354-687327

 

11. Madiun
      Jl. Dr. Sutomo No. 78
      Telp : 0351-493101
      Fax  : 0351-472577/0351-493105

 

12. Ponorogo
       Jl. Panglima Besar Sudirman No. 55
       Telp : 0352 - 489241
       Fax  : 0352 - 462340

 

13. Tulungagung
       Jl. Panglima Sudirman Trade Centre Blok B5 - 7,
       Jl. S. Hasanudin
       Telp : 0355-336270
       Fax  : 0355-333312

 

14.  Blitar
        Jl. Tanjung Kavling A2 - A3
        Telp : 0342-816178
        Fax  : 0342-816179

 

15.  Malang
        Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 56
        Telp : 0341 - 364646
        Fax  : 0341 - 364616

 

16.  Malang
        Jl. Letjen S. Parman No. 149
        Telp : 0341 - 487555
      

17.  Pasuruan
        Jl. Sokarno Hatta No. 88C-88D Pasuruan
        Telp : 0343-431532
        Fax  : 0343-431531