Ingin liburan?
Ayo jelajahi kekayaan pariwisata Indonesia, mulai dari kedalaman laut hingga puncak gunung

Propinsi


Kodya / Kabupaten

Jenis Wisata


Kata Kunci

























Jumlah Anggota Adira FOI
21531
Beranda > Artikel > Goa Jepang Di Tanah Biak Nomfor Papua
Goa Jepang Di Tanah Biak Nomfor Papua
Kamis, 01/12/2011 12:26:18 | Papua | Wisata Alam

Oleh:
ricky mulyanto

Walker
Beri nilai:

Indonesia timur memang merupakan wilayah jajahan Jepang dan Belanda pada saat itu yang kini hanya meninggalkan sisa – sisa saksi bisu sejarah menjadi obyek wisata, salah satunya Goa Jepang yang terdapat di kabupaten Biak, Papua.

 

 

Tahun 1939 hingga akhirnya Indonesia merdeka pada tahun 1945, Papua khususnya di daerah Biak yang telah merasakan kerasnya perang dunia kedua Asia Tenggara. Goa Jepang sebagai salah satu peninggalan sejarah perang dunia kedua ini ternyata banyak menyimpan benda – benda kenangan pada zaman perang itu.

 

 

Terutama lubang besar goa yang dihancurkan, goa persembunyian prajurit Jepang yang dihadiahi bom oleh sekutu dari atas langit gelap gulita berkekuatan ledakan dahsat menjadikan rasa haru dikala masuk melihat ke kedalaman goa ini yang sudah diberi akses jalan masuk kedalamnya berupa tangga kurang lebih 50m kedalam. Didalamnya pun masih terdapat beberapa tengkorak yang sebagian sudah tertimbun tanah, namun goa ini harum tercampur bau tanah basah yang berasal dari air serapan hasil pepohonan yang ada tumbuh diatas goa menjadikan kesejukan berada dalam goa tersebut.

 

 

Setelah berkunjung masuk kedalam goa, berikutnya kita bisa melihat benda – benda peninggalan lainya seperti peralatan perang prajurit Jepang yang terdiri dari bangkai pesawat, mobil, senjata api beserta pelurunya, rudal dan granat yang informasinya sebagian masih ada yang aktif namun tidak membahayakan, dan bahkan pernak pernik prajurit masih tersimpan rapi ditempat ini termasuk celana dalam sang prajurit pun terpampang rapi dalam kaca musium kecil sang pengelola yang sayangnya kurang diperhatikan pemerintah setempat untuk dikembangkan maximal menjadi tempat berwisata sejarah.

 

 

Yang jadi pertanyaan apakah karena pengunjung sepi karena tiket akomodasi khususnya akomodasi penerbangan sangat terlalu mahal menuju daerah ini atau kah ada hal lain sehingga tempat ini kurang diperhatikan ?. Kita tunggu saja jawabannya seiring waktu berjalan semoga tempat – tempat seperti ini bisa menjadi tempat berwisata sejarah Go Internasional.

 

 

Ditempat yang berbeda kurang lebih 1km dari wisata goa Jepang terdapat pula monumen perang dunia ke2 berlokasi dipinggir pantai Mokmer, Biak. Tempat ini sangat rapi dan terawat, maklum tempat ini dibangun langsung dengan dana pemerintah jepang yang bertujuan menghormati jasa – jasa para prajuritnya dimedan perang yang diresmikan pembangunanya pada tanggal 24 Maret 1994 oleh pemerintah Jepang dan Indonesia.

 

 

Informasi yang didapat dari warga setempat, biasanya setiap tahun tepatnya tanggal 24 Maret sesuai dengan peresmian pembangunan monumen ini bahwa rombongan turis Jepang suka datang untuk sembahyang dan berdo’a yang ditujukan bagi para pejuang negeri matahari ini baik dari keluarga prajurit langsung, serta masyarakat Jepang yang mengikuti program wisata dari negara mereka.

Wonderful Indonesia !!!

(RQ)


Label:



2 Komentar

jose andisaputra   02 December 2011 11:37:34
Balas  Laporkan 
ricky mulyanto   01 December 2011 13:21:04
WONDERFUL INDONESIA
Balas  Laporkan 
User name  : 
Password  : 

Artikel Menarik Lainnya

Kantor Cabang Adira Finance

1. Jayapura
    Jl. Raya Kelapa Dua Entrop
    (Depan Bank Mandiri Syariah Jayapura)
    Telp : 0967 - 522841
    Fax  : 0967 - 522131