Ingin liburan?
Ayo jelajahi kekayaan pariwisata Indonesia, mulai dari kedalaman laut hingga puncak gunung

Propinsi


Kodya / Kabupaten

Jenis Wisata


Kata Kunci

























Jumlah Anggota Adira FOI
22494
Beranda > Artikel > Danau Singkarak yang eksotis
Danau Singkarak yang eksotis
Rabu, 17/08/2011 15:28:19 | Sumatera Barat | Wisata Alam

Oleh:
budi satria

Walker
Beri nilai:

BERKUNJUNG ke Sumatera Barat belum lengkap rasanya tanpa menyempatkan ke Danau Singkarak. Daerah dengan hamparan pasir yang landai mengundang Anda untuk bercumbu dengan riaknya air danau yang terasa dingin menjilat jemari lembut Anda. Benar-benar pesona yang tidak akan terlupakan.

Anda layangkan pandangan ke arah jalan raya, terlihat jajaran pohon yang menghijau di sepanjang pinggiran danau. Di samping indah, Danau Singkarak juga cocok digunakan sebagai tempat olahraga (sport tourism) seperti di darat bisa untuk jalan santai, jogging, ataupun senam.

Di danau untuk olahraga berenang, fishing, dayung dan olahraga udara, seperti paragliding, terjun bebas, parasailing, atau paralayang yang melayang di udara bebas dengan pemandangan yang indah.

Selain pemandangan yang indah, Danau Singkarak juga memiliki keistimewaan yang lebih dibandingkan danau lainnya di dunia. Berbagai jenis ikan hidup pada danau air tawar itu.

Setidaknya, saat ini ada 19 jenis ikan, seperti ikan asang, piyek, balingka, baung, dan ikan sasau, yang konon dapat mencapai ukuran berat hingga 8 kilogram. Juga ada spesies ikan langka yang mungkin hanya satu-satunya di dunia. Spesies ini bernama ikan bilih (Mystacoleucus Padangensis).

Ikan bilih hanya ada satu-satunya di Danau Singkarak. Ikan yang terkenal gurih ini akan menjadi oleh-oleh tidak terlupakan. Bagi warga sekitar, ikan ini menjadi sumber mata pencarian.

Namun karena ikannya makin langka, harganya pun lumayan bervariasi. Para nelayan di Danau Singkarak, ikan itu dijual dengan harga Rp15 ribu per kilogram. Akan tetapi, kalau sudah masuk ke pasar, harganya meningkat menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Bila sudah lelah bercumbu dengan air danau dan lapar datang, Anda tidak akan kesulitan mencari makan-makan khas danau Singkarak, baik itu pangek sasau yang terkenal enak, maupun goreng bilih yang tersedia di warung-warung makan di sekitar Danau Singkarak.

Tetapi bila Anda membawa bekal dari rumah, tinggal membentangkan tikar dan menikmati makanan tentu akan terasa lebih nikmat, makan di pinggir danau berair jernih ditemani ikan-ikan bilih yang berenang sesuka hati serta riak-riak kecil air.

Bagi Anda yang membawa anak-anak untuk berwisata ke Danau Singkarak disarankan tidak berhenti di sepanjang jalan di pinggir danau, tetapi mengunjugi objek wisata Tanjung Mutiara yang terdapat di Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan. Tanpa mengurangi keindahan alam yang memesona, Anda dan keluarga dapat bermain air dengan tenang dan nyaman.

Sementara bagi penyuka olahraga sepeda, dapat mengelilingi Danau Singkarak sambil menikmati keindahan pemandangan yang begitu memesona; hamparan sawah, nyiur melambai, nelayan dan kesibukannya mencari ikan, dapat Anda saksikan di sepanjang jalan yang melingkari danau tersebut.

Untuk mencapai danau seluas 129.70 kilometer persegi ini sangatlah mudah, baik dengan mengunakan angkutan umum maupun pribadi. Dari bandara internasional Minangkabau hanya ditempuh waktu dua jam perjalanan dan tarif angkutan sebesar Rp35 ribu. Harga yang cukup murah untuk suatu keindahan tiada tara persembahan wisata alam Tanah Datar.

Danau Singkarak
Inilah danau terluas di Sumatera Barat. Beberapa warung makan bermunculan di kawasan tepi danau. Sambil menikmati makan siang, pengunjung pun bisa melihat panorama Danau Singkarak. Selintas, luasnya Danau Singkarak membuat Anda merasa sedang di tepi laut. Namun, air yang tenang membuat Anda tersadar kembali bahwa di depan mata adalah danau.

Ikan bilih atau ikan danau yang kecil menjadi salah satu kuliner wajib saat mampir ke Danau Singkarak. karena ikan bilih hanyaa 2 spesies di dunia yaitu di amazon (brazil) dan di danau singkarak (sumbar).Hati-hati saat berbelanja ikan bilih. Sudah menjadi pengetahuan umum kalau pedagang ikan bilih menaikkan harga hingga 100 persen untuk wisatawan.

Seperti masalah yang sering dihadapi tempat wisata lainnya di Indonesia, Danau Singkarak pun harus berjuang dengan tumpukan sampah dari wisatawan maupun penduduk setempat. Namun, jangan cepat beranjak dari tepi danau. Manjakan mata Anda dengan keelokan Danau Singkarak yang diterpa sinar jingga dari matahari terbenam.


Label: danau



0 Komentar

Tidak ada komentar.




User name  : 
Password  : 

Artikel Menarik Lainnya

Kantor Cabang Adira Finance

1. Padang Barat
    Jl. Juanda No 8, RT 001 / RW 003
    Telp : 0751 - 443694

 

2. Solok
    Jl. Pandan Ujung No. 41 PPA
    Telp : 0755-21038
    Fax  : 0755-325150

 

3. Bukittinggi
    Jl. Nawawi no.8 Tarok Dipo
    Telp : 0752-31796
    Fax  : 0752-628837